Senin (13/05/2024) team Quality Assurance dari Swiss German University menghadiri undangan workshop mengenai implementasi Permendikbudristek No.53 tahun 2023 mengenai implementasi akreditasi dan juga Instrumen Suplemen Konversi (ISK) yang diadakan oleh Universitas Pelita Harapan yang mengundang narasumber dari Badan Akreditasi Nasional yaitu Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc. selaku Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT dan juga Prof. Dr. Slamet Wahyudi, ST. MT. selaku anggota Dewan Eksekutif BAN-PT.

Selama acara berlangsung, kedua narasumber memberikan pemaparan mengenai implementasi Permendikbudristek No.53 dan segala macam perubahan terkait peraturan sebelumnya. Pada sesi tanya jawab, kedua narasumber memberikan berbagai macam arahan dan masukan mengenai persiapan terkait instrumen-instrumen yang digunakan pada akreditasi dan terutama proses implementasi ISK. Menurut kedua narasumber, pihak perguruan tinggi dan juga unit pelaksana program studi tidak perlu takut menghadapi perubahan akibat implementasi instrumen yang baru, asalkan prasyarat dari Dikti terpenuhi dan dilakukan tatapamong yang baik sesuai dengan Standar Akreditasi Nasional, maka untuk bersiap menghadapi sistem automasi akreditasi akan lebih mudah.

Selain pembahasan mengenai instrumen akreditasi dan ISK, kedua narasumber juga tetap mengingatkan agar pihak PT dan UPPS untuk selalu menyiapkan diri terhadap perubahan, mengingat ada juga kemungkinan pergantian peraturan kementerian jika kedepannya terjadi pergantian menteri baru dengan pandangan baru terhadap sistem dan instrumen akreditasi.

Selain UPH dan SGU, beberapa universitas yang memiliki kampus di sekitar kabupaten Tangerang juga menghadiri workshop ini, seperti Universitas Matana, Universitas Pradita dan juga Universitas Multimedia Nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *