Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer atau yang biasa dikenal LAM-INFOKOM pada hari Jumat dan Sabtu (13-14 September 2024) menyelenggarakan seminar dan workshop dengan tema Membangun Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi yang Efektif yang dilakukan di Universitas Multimedia Nusantara. Pada kesempatan tersebut, tim Quality Assurance Universitas Swiss German berkesempatan menghadiri kegiatan tersebut bersama dengan Kepala Program Studi Magister Teknik Informatika, Dr. Eka Budiarto, ST., M.Sc. dan juga Sekretaris Program Studi Sarjana Teknik Informatika, Joseph Andreas, S.Kom., B.Eng., M.Sc.

Pada kegiatan tersebut, hal yang menjadi titik berat adalah sesi workshop implementasi metode penilaian dan matriks penilaian dari LAM-INFOKOM yang nantinya akan digunakan kedepannya. Dimana LAM-INFOKOM memastikan bahwa inti dari akreditasi adalah implementasi sistem penjaminan mutu internal yang konsisten dan menyeluruh. Meskipun LAM-INFOKOM sebagai lembaga akreditasi yang berdasar teknologi informasi, LAM-INFOKOM juga memberikan fleksibilitas bagi program studi-program studi baru yang memiliki berbagai keterbatasan, fleksibilitas yang dimaksud adalah penyesuaian aspek kelengkapan dan pemenuhan dari matriks-matriks penilaian yang ditentukan oleh LAM-INFOKOM.

Dari kegiatan tersebut, tim Quality Assurance dan Kepala Program Studi serta Sekretaris Program Studi mendapatkan beberapa insight untuk implementasi SPMI serta juga hal-hal yang dapat dipersiapkan untuk proses akreditasi serta harapan akan kemungkinan-kemungkinan yang bisa dilakukan untuk mengejar target akreditasi Unggul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *